Voice over atau pengisi suara kerap dibutuhkan dalam pembuatan video untuk memberikan narasi. Di zaman yang sangat modern seperti saat ini, Anda tak perlu merekam suara secara manual untuk membuat voice over tersebut. Gunakan saja tool text to speech seperti Voicemaker.

Voicemaker dapat dipakai untuk mengubah sebuah teks menjadi suara. Uniknya, Voicemaker memiliki beberapa jenis suara yang bisa dipilih oleh pengguna. Contoh suaranya antara lain Google Pria, Google Wanita, dan suara bayi. Sangat menarik, bukan?

Tutorial Lengkap Voice Maker
Tutorial Lengkap Voice Maker

Fitur-fitur Voicemaker

Voicemaker merupakan sebuah situs web yang dapat diakses melalui alamat voicemaker.in. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat suara menggunakan situs ini, sebaiknya pahami dulu fitur-fitur yang ada di dalamnya. Nah, ini dia penjelasan selengkapnya.

Say As

Tool text to speech umumnya dibuat menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Meskipun sudah ‘pintar’, tool ini tentu tak dapat menyamai manusia, terutama dalam membaca teks. Tak jarang ucapan dari tool ini terdengar tidak natural dan terlalu datar.

Fitur Model Suara Custom Di Voicemaker
Fitur Model Suara Custom Di Voicemaker

Untuk membuat suara yang dihasilkan terdengar lebih alami, Voicemaker menambahkan fitur Say As. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih cara pembacaan sebuah teks. Misalnya Anda dapat memilih untuk membuat teks terbaca sebagai alamat, ejaan, nomor telepon, dan sebagainya.

Volume

Fitur volume yang ada di Voicemaker memiliki fungsi yang agak berbeda. Fungsinya adalah mengubah jenis suara yang dihasilkan. Anda diberi 3 pilihan mode di dalam fitur volume yaitu x-soft, medium, dan x-loud.

Pengaturan Voice Speed Volume Dan Pitch
Pengaturan Voice Speed Volume Dan Pitch

X-soft dipakai ketika Anda ingin menghasilkan suara yang lembut. Medium dipakai untuk membuat suara seperti ketika orang berbicara normal. Sedangkan x-loud dipakai untuk membuat suara berteriak.

Emphasis

Fungsi dari fitur Emphasis mirip dengan Volume. Perbedaannya. Emphasis cenderung dipakai untuk membangun feel melalui tekanan suara. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat suara yang terdengar kalem, berapi-api, bahkan marah.

Artikel terkait: Cara Pakai Freetts.com di WhatsApp

Ada tiga pilihan mode dalam fitur Emphasis antara lain Reduce, Moderate, dan Strong. Pengguna dapat memilih Emphasis sendiri audio yang dihasilkan terkesan lebih hidup.

Pitch

Fungsi dari fitur Pitch lebih kepada mengatur nada suara. Ada pun opsinya antara lain default, medium, x-low, low, high, dan x-high. 

Jika menggunakan pitch x-low, suara yang dihasilkan akan sangat berat dan ‘ngebass’. Sebaliknya, kalau menggunakan pitch x-high, suara yang dihasilkan akan sangat melengking.

Speed

Sebuah teks dapat dibaca secara lambat maupun cepat. Anda juga dapat mengatur kecepatan baca teks menggunakan fitur Speed. Untuk memuat kecepatan menjadi sangat lambat, pilih x-slow. Jika ingin lebih cepat, pilih slow, medium, fast, hingga x-fast untuk kecepatan paling tinggi.

Voicemaker juga memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa Speed sekaligus di dalam sebuah rekaman.

Pauses

Fitur selanjutnya adalah Pauses yang berguna untuk memberi jeda. Jeda yang dimaksud di sini adalah waktu diam sesaat sebelum membacakan kalimat berikutnya, Durasi jedanya pun dapat Anda pilih sesuka hati, mulai dari 0.5 detik, 1 detik, hingga 6 detik.

Voice Effect

Pengaturan Voice Effect Di Voicemaker
Pengaturan Voice Effect Di Voicemaker

Kegunaan dari fitur Voice Effect sudah sangat jelas, yaitu memberikan sentuhan efek pada suara. Beberapa efek yang disediakan antara lain Whispered, Soft, Breathing, dan sebagainya. Aplikasi Voice Effect ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Tutorial Menggunakan Voice Maker

Sekarang waktunya untuk membahas cara menggunakan Voicemaker. Sebelum praktik langsung ke situsnya, baca tutorial di bawah terlebih dahulu.

  1. Setting

    Sebelum mengubah teks menjadi audio, Anda perlu melakukan beberapa pengaturan. Nah, di tahap inilah fitur-fitur yang telah dijelaskan sebelumnya dapat dipakai. Anda dapat mengatur bahasa, menambahkan efek, dan mengatur berbagai fitur lainnya.
    Pengaturan ini dapat Anda akses di bagian bawah text box yang tadi dipakai untuk mempersiapkan teks. Semua menu dapat terlihat dengan sangat jelas sehingga Anda tidak mungkin kesulitan.

  2. Konversi Teks Menjadi Audio

    Sudah mantap dalam mengaplikasikan semua pengaturan? Sekarang waktunya untuk mengubah teks menjadi audio. Caranya cukup mudah, klik saja pada tombol Convert to Speech.

    Dengarkan suara yang dihasilkan, pastikan sudah sesuai dengan keinginan Anda. Di tahap ini, Anda dapat kembali melakukan pengaturan jika dirasa kurang sesuai.

  3. Download Audio

    Tahap paling akhir dari tutorial ini adalah mendownload audio yang dihasilkan dari proses di atas. Untuk menyimpan filenya, klik saja pada tombol Download MP3. Sesaat kemudian, file audio sudah terdownload.

Panduan Memilih Jenis Suara Voice Maker

Untuk mendapatkan suara yang tepat baik itu suara robot pria, wanita, anak bayi maupun jenis suara natural natural lainnya, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada menu AI Engine dan Voices:

Opsi Suara Wanita Anak Bayi Dan Pria
Opsi Suara Wanita Anak Bayi Dan Pria
  1. Suara Pria: Pilih suara salah satu nama dengan label Male disamping tanda koma
  2. Suara Wanita: Pilih salah satu nama dengan label Female disamping tanda koma
  3. Suara Bayi / Anak kecil: Centang kotak salah satu nama dengan label child didalam tanda kurung
  4. Suara natural buatan: Pilih opsi Neural TTS pada menu AI Engine

Voicemaker adalah situs yang dapat diakses dan dipakai secara gratis. Namun ada juga versi berbayar dari tool yang satu ini. Tentu saja dengan fitur yang lebih lengkap.