Madura adalah nama pulau yang ada di sebelah timur laut Jawa Timur. Memiliki luasan kurang lebih sekitar 5.168 km2, Madura memiliki jumlah penduduk hampir 4 juta jiwa lebih. Hal ini menyebabkan banyaknya kendaraan yang beroperasi di Madura. Pada kendaraan di kota, daerah, atau wilayah Karesidenan Madura menggunakan kode plat nomor dengan awalan “M”. Di bawah ini akan kami jelaskan daftar plat nomor M dan daftar kode belakangnya untuk Anda. Simak ulasannya sampai selesai.

Plat Nomor M dan Daftar Kode Belakangnya

Kode plat nomor di kota Madura adalah M, kode plat tersebut tergabung dengan beberapa kota lainnya, antara lain Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Madura juga dikenal dengan sejarahnya yang panjang, tercermin dari budaya serta keseniannya dengan pengaruh Islam yang cukup kuat. Seluruh kota dan kabupaten di Madura memiliki kode plat kendaraan yang berawalan M dengan kode belakang yang berbeda – beda. Di bawah ini informasi lengkap tentang plat nomor M dan daftar kode belakangnya.

  • Kabupaten Pamekasan memiliki plat nomor M dan kode belakang A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*.
  • Kabupaten Bangkalan memiliki plat nomor M dan kode belakang H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*.
  • Kabupaten Sampang memiliki plat nomor M dan kode belakang O*/P*/Q*/R*/S*/T*.
  • Kabupaten Sumenep memiliki plat nomor M dan kode belakang U*/V*/W*/X*/Y*/Z*.
kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor Madura

Masing – masing kendaraan bermotor tentu memiliki kode plat nomor yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Plat nomor sendiri dibuat menggunakan bahan aluminium dan berbentuk lempengan. Dalam proses pembuatannya, plat nomor harus dibuat sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pihak kepolisian setempat.

Tentunya sebagai warga negara Indonesia yang baik, sudah sepatutnya jika Anda harus tahu kode plat nomor kendaraan bermotor yang Anda punya. Plat nomor ini nanti akan menjadi salah satu cara untuk membedakan identitas dari kendaraan yang Anda miliki dan milik orang lain. Tidak hanya itu, dari plat nomor tersebut juga bisa diketahui bahwa pemilik kendaraan telah melakukan registrasi pajak daerah mana saja. Setiap daerah juga memiliki plat nomor dengan kode atau seri yang berbeda dengan yang lain, tak terkecuali untuk wilayah Madura.

Apabila Anda memiliki jenis kendaraan bermotor dengan plat nomor yang terdaftar di area Jawa Timur, seperti Madura, maka Anda bisa melakukan pengecekan besaran pajak kendaraan bermotor secara online. Informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan hanya kota tempat pendaftaran kendaraan, kantor Samsat mana, dan plat nomor atau nomor polisi yang lengkap. Setelah itu, ikuti panduannya berikut ini.

  • Sebagai langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses situs resmi Samsat Jawa Timur lewat link berikut, esamsat.jatimprov.go.id. Tak perlu khawatir, situs e-Samsat ini bisa diakses dalam 24 jam secara gratis. Anda hanya butuh PC atau smartphone dan koneksi internet.
  • Anda akan langsung dibawa menuju halaman utama pada situs e-Samsat, silakan pilih nama kota dimana Anda melakukan registrasi kendaraan bermotor yang Anda miliki.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih lokasi Samsat dimana Anda mendaftarkan kendaraan tersebut.
  • Untuk langkah berikutnya adalah memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor Anda sesuai dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB.
  • Lakukan pencarian data nomor polisi dengan cara memasukkan kode yang tertera pada gambar untuk proses verifikasi bahwasannya Anda bukan robot.
  • Terakhir, pilih dan tekan tombol Cari. Tunggu beberapa saat untuk melihat identitas dan besaran pajak kendaraan yang harus Anda bayarkan.

Nah, itu tadi informasi seputar plat nomor M dan daftar kode belakangnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat.